• All
  • Seni Budaya
  • Gosip
  • Hukum dan Kriminal
gravatar

Pengelola Taman Kyai Langgeng Terancam Tidak Capai Target


 
Ardiansyah Bosan Dengan Wahana Yang Ada

MAGELANG – Selama liburan Lebaran 2011, kawasan Taman Kyai Langgeng (TKL) yang berada di Kota Magelang terlihat selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari daerah di sekitar Magelang sendiri maupun wisatawan yang berasal dari luar kota. Namun ternyata keramaian tersebut belum mencapai target yang ditentukan oleh pihak pengelola.

Kepala Pengelola Taman Kyai Langgeng, Edy Susanto mengatakan target kunjungan wisatawan selama lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 100 ribu pengunjung, yang terhitung sejak 30 Agustus hingga 8 September. 

Namun hingga Minggu (4/9) kemarin, yang merupakan terakhir masa libur lebaran dan cuti bersama, menurutnya sejak hari pertama liburan perhari rata-rata mencapai sekitar 10 ribu pengunjung. “Kunjungan wisatawan perhari rata-rata sekitar 10.000 selama lebaran ini,” katanya. Sayangnya, Edy enggan menyebutkan berapa jumlah pengunjung yang tercatat hingga terakhir masa libur lebaran kemarin.

Edy juga menuding adanya perilaku pengunjung yang tidak terpuji menerobos masuk melalui pintu belakang hingga membuat pagar yang ada telah rusak. “Banyak pengunjung yang menerobos melalui pintu belakang hingga merusak pagar yang ada. Namun kita tidak tahu berapa jumlahnya, yang jelas cukup banyak. Saat ini telah kita pasang petugas keamanan,” ujarnya.

Walaupun pada Senin (5/9) masa liburan sudah berakhir, karena masyarakat sudah kembali menjalankan rutinitas kembali, namun Edy tetap optimis bahwa sisa waktu yang ada dapat memenuhi target.

Salah seorang pengunjung yang datang dari Rembang bersama rombongan keluarga, Ardiansyah (34) saat ditemui mengungkapkan, ia mengaku bosan dengan wahana yang ada di TKL. “Saya sudah kesini berkali-kali. Tahun lalu juga berkunjung ke sini, tapi wahana hiburan yang ada tidak berubah, jadinya agak membosankan karena hanya itu-itu saja,” katanya.

Ia juga mengatakan, tiket masuk yang dibandrol sebesar Rp 11.000 perorang selama liburan, lebih mahal dibanding hari biasa sebesar Rp 8.000 perorang, menurutnya terlalu mahal, karena walaupun ia membawa serta rombongan sebanyak 40 orang keluarganya tidak ada potongan harga.

Sebenarnya, fasilitas-fasilitas penunjang yang dimiliki Taman Kyai Langgeng cukup lengkap, antaralain kolam renang yang dipisah menjadi dua dengan pembatas terapung. Masing-masing untuk anak-anak dengan kedalaman satu meter dan untuk orang dewasa sedalam dua meter. Kolam renang ini dilengkapi dengan menara peluncur bergelombang dan tentunya tempat bilas serta ganti.

Di samping itu, pesona lain yang tesedia adalah koleksi patung-patung dinosaurus, gelanggang pemancingan, taman lalu-lintas, rumah aquarium, rumah kaca, panggung terbuka, arena untuk bermain go-cart, sungai untuk nerkano dan arung jeram, toko-toko cinderamata, pasar buah-buahan tropis, taman hewan-hewan langka, dan lapangan tennis di dalam ruangan.

Bahkan, pihak Pemerintah Kota Magelang juga berencana menambah wahana baru yaitu ruang empat dimensi, namun hingga kini pembangunannya terhenti.(had)

gravatar

Terima kasih telah memberikan ulasan tentang Taman Wisata Kyai Langgeng di Kota Magelang. Mulai 1 Januari 2016 pihak pengelola Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng menerapkan harga tiket terbaru.

Taman Rekreasi dan Edukasi Kyai Langgeng Kota Magelang buka setiap hari 07.00 -17.00 WIB. Harga tiket masuk terusan di bawah ini sudah termasuk 10 wahana permainan yang terdiri dari Teater 6 Dimensi, Bianglala, Komidi Putar, Komidi Layang, Kereta Mini, Kereta Air, Sepur Mini, Becak Mini, Becak Air, dan Mobil Keliling.

SENIN – JUMAT : Rp. 20.000
SABTU – MINGGU dan Hari Libur Nasional : Rp. 25.000
Paket Lebaran, Natal, dan Tahun Baru : Rp. 30.000
Khusus untuk rombongan pengunjung minimal 50 orang mendapatkan diskon hingga 15%